RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK N 2 KOTA TANGERANG
Mata
Pelajaran : PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN
RINGAN
Kelas/Semester : XI TKR /1
Materi Pokok : Kerusakan ringan pada sistem Starter
Kendaraan Ringan
Alokasi Waktu : 4 JP @ 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsive,
dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara
mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.
Lingkungan
hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga
keletarian dan kelangsungan hidupnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti
dalam menginterpretasikan dan mengidentifikasi pemeliharaan sistem kelistrikan,
sistem pengapian, sistem starter, sistem pengisian
Indikator:
1.
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
mengidentifikasi pemeliharaan sistem Starter
2.
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca Starter
3.
Menunjukkan
sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai
dengan SOP
4.
Menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan
pemeriksaan, perawatan dan perbaikan sistem Starter kendaraan ringan
3.1
Memahami
Starter
Indikator:
1.
Menjelaskan fungsi Sistem Starter
2.
Menjelaskan Macam-macam Sistem Starter
3.
Menjelaskan
fungsi komponen-komponen Sistem Starter
4.
Menjelaskan
cara kerja Sistem Starter
5.
Menjelaskan
rangkaian kelistrikan Sistem Starter
6.
Menjelaskan
langkah-langkah perbaikan Sistem Starter
4.1.
Memelihara Sistem Starter
Indikator:
1.
Pemeriksaan
sistem starter pada mobil dan pada tes bench
2.
Pembongkaran
dan perakitan starter
3.
Mengetes
anker & kumparan medan
4.
Membubut
dan memfrais komutator
5.
Membongkar,
mengetes dan memasang solenoid
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang Kerusakan ringan pada Sistem
Starter Kendaraan
Ringan serta
mampu membangun sikap ilmiah dan keterampilan prosedural melalui proses
mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikannya dalam presentasi dan laporan
tertulis
D.
Materi Pembelajaran
3.1 Memahami Sistem Starter
1.
Pengertian
Sistem Starter
2.
Macam-macam
Sistem Starter
3.
Fungsi
komponen-komponen Sistem Starter
4.
Cara kerja
Sistem Starter
5.
Rangkaian
kelistrikan Sistem Starter
6.
Langkah-langkah
perbaikan Sistem Starter
4.1 Memelihara Sistem
Starter
1.
Pemeriksaan
sistem starter pada mobil dan pada tes bench
2.
Pembongkaran
dan perakitan starter
3.
Mengetes
anker & kumparan medan
4.
Membubut
dan memfrais komutator
5.
Membongkar,
mengetes dan memasang solenoid
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific dan PBL
2.
Strategi : Penggalian informasi (Project based learning)
Presentasi
3.
Model pembelajaran : Kooperatif
4. Metode :
Penugasan,tanya jawab,diskusi,demonstrasi,proyek.
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Simulator Sistem Penerangan
2.
Alat/Bahan : Tang
kombinasi, Obeng +, Kabel warna Ï•0,5 mm, Jack
Banana, fluk Banana.
3. Sumber Belajar :
a. Gambar
Animasi
b.
Buku paket sistem kelistrikan otomotif
c.
Bahan bacaan yang relevan tentang Sistem
Starter
d.
Objek langsung (Kendaraan)
e.
Trainer Memperbaiki Sistem Starter
f.
Majalah
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1)
Do’a
awal
dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri
hendaknya selaras antara Imtaq dan iptek
2)
Kerapihan seragam/wearkpack
3)
Mengecek Kehadiran siswa dan
mengevaluasi
4)
Memotivasi
siswa dengan memberikan pertanyaan tentang Pemeriksaan
sistem starter pada mobil dan pada tes bench
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
1) Peserta didik menyimak penjelasan Pemeriksaan
sistem starter pada mobil dan pada tes bench
·
Guru menilai keterampilan
peserta didik mengamati
Menanya
1). Peserta didik
mengajukan pertanyaan
mengenai Pemeriksaan sistem starter pada mobil dan pada tes
bench
2). Peserta didik dapat
menjawab pertanyaan mengenai Pemeriksaan sistem starter pada mobil
dan pada tes bench
Guru
menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan
masalah
Mengeksplorasi
1) Peserta didik memperhatikan Pemeriksaan
sistem starter pada mobil dan pada tes bench
2)
Peserta
didik dapat melakukan Pemeriksaan sistem starter pada mobil dan
pada tes bench
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam menggambar dengan baik dan benar
Mengasosiasi
1)
Peserta
didik memperhatikan demonstrasi guru dalam Pemeriksaan sistem
starter pada mobil dan pada tes bench
2)
Peserta
didik mencoba mengaplikasikan Pemeriksaan sistem starter
pada mobil dan pada tes bench
3)
Peserta
didik di bagi 5 kelompok untuk mengaplikasikan Pemeriksaan sistem
starter pada mobil dan pada tes bench
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan gambar ke Simulator sistem
penerngan.
Mengkomunikasikan
1)
Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil Pemeriksaan sistem starter
pada mobil dan pada tes bench
dan kesimpulan diskusi
2)
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
·
Guru menilai kemampuan
peserta didik berkomunikasi lisan
|
3 JP
|
Penutup
1)
Bersama peserta didik menyimpulkan Pemeriksaan
sistem starter pada mobil dan pada tes bench
2)
Memberikan tugas membaca
tentang Pemeriksaan sistem starter
pada mobil dan pada tes bench
3)
Melaksanakan postes
|
40 menit
|
Pertemuan Kedua dan Ke tiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1) Do’a awal dengan tujuan penanaman
pembiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara
Imtaq dan iptek
2) Kerapihan
seragam/wearkpack
3) Mengecek
Kehadiran siswa dan mengevaluasi
4) Merefleksi hasil postes
pertemuan sebelumnya
5) Menagih dan mengingatkan
tugas baca
6)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
7)
Memotivasi
siswa dengan memberikan pertanyaan tentang Membongkar
dan memasang motor starter
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
1) Peserta didik menyimak penjelasan Membongkar
dan memasang motor starter
·
Guru menilai keterampilan
peserta didik mengamati
Menanya
1). Peserta didik
mengajukan pertanyaan
mengenai Membongkar dan memasang motor starter
2). Peserta didik dapat
menjawab pertanyaan mengenai Membongkar dan memasang motor starter
Guru
menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan
masalah
Mengeksplorasi
1) Peserta didik memperhatikan Membongkar
dan memasang motor starter
2)
Peserta
didik dapat melakukan Membongkar
dan memasang motor starter
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam menggambar dengan baik dan benar
Mengasosiasi
1)
Peserta
didik memperhatikan demonstrasi guru dalam Membongkar dan
memasang motor starter
2)
Peserta
didik mencoba mengaplikasikan Membongkar dan memasang motor
starter
3)
Peserta
didik di bagi 5 kelompok untuk mengaplikasikan Membongkar dan
memasang motor starter
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan gambar ke Simulator sistem
penerngan.
Mengkomunikasikan
1)
Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil membongkar dan memasang
motor starter
dan kesimpulan diskusi
2)
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
·
Guru menilai kemampuan
peserta didik berkomunikasi lisan
|
3 JP
|
Penutup
1)
Bersama peserta didik menyimpulkan Membongkar
dan memasang motor starter
2)
Memberikan tugas membaca
tentang Membongkar dan memasang
motor starter
3)
Melaksanakan postes
|
40 menit
|
Pertemuan Ke empat dan Ke lima
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1) Do’a awal dengan tujuan penanaman
pembiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara
Imtaq dan iptek
2) Kerapihan
seragam/wearkpack
3) Mengecek
Kehadiran siswa dan mengevaluasi
4) Merefleksi hasil postes
pertemuan sebelumnya
5) Menagih dan mengingatkan
tugas baca
6)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
7)
Memotivasi
siswa dengan memberikan pertanyaan tentang Merangkaian
sistem kelistrikan motor starter
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
1) Peserta didik menyimak penjelasan Merangkaian
sistem kelistrikan motor starter
·
Guru menilai keterampilan
peserta didik mengamati
Menanya
1). Peserta didik
mengajukan pertanyaan
mengenai Merangkaian sistem kelistrikan motor starter
2). Peserta didik dapat
menjawab pertanyaan mengenai Merangkaian sistem kelistrikan motor
starter
Guru
menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan
masalah
Mengeksplorasi
1) Peserta didik memperhatikan Merangkaian
sistem kelistrikan motor starter
2)
Peserta
didik dapat melakukan Merangkaian
sistem kelistrikan motor starter
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam menggambar dengan baik dan benar
Mengasosiasi
1)
Peserta
didik memperhatikan demonstrasi guru dalam Merangkaian sistem
kelistrikan motor starter
2)
Peserta
didik mencoba mengaplikasikan Merangkaian sistem
kelistrikan motor starter
3)
Peserta
didik di bagi 5 kelompok untuk mengaplikasikan Merangkaian sistem
kelistrikan motor starter Merangkaian sistem kelistrikan motor starter
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan gambar ke Simulator sistem
starter
Mengkomunikasikan
1)
Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil Merangkaian sistem
kelistrikan motor starter dan
kesimpulan diskusi
2)
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
·
Guru menilai kemampuan
peserta didik berkomunikasi lisan
|
3 JP
|
Penutup
1)
Bersama peserta didik menyimpulkan Merangkaian
sistem kelistrikan motor starter
2)
Memberikan tugas membaca
tentang Merangkaian sistem
kelistrikan motor starter
3)
Melaksanakan postes
|
40 menit
|
Pertemua Keenam
dan ke tujuh
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1) Do’a awal dengan tujuan penanaman
pembiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara
Imtaq dan iptek
2) Kerapihan
seragam/wearkpack
3) Mengecek
Kehadiran siswa dan mengevaluasi
4) Merefleksi hasil postes
pertemuan sebelumnya
5) Menagih dan mengingatkan
tugas baca
6)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
7)
Memotivasi
siswa dengan memberikan pertanyaan tentang Langkah-langkah
Perbaikan motor starter
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
1) Peserta didik menyimak penjelasan Langkah-langkah
Perbaikan motor starter
·
Guru menilai keterampilan
peserta didik mengamati
Menanya
1). Peserta didik
mengajukan pertanyaan
mengenai Langkah-langkah Perbaikan motor starter
2). Peserta didik dapat
menjawab pertanyaan mengenai Langkah-langkah Perbaikan motor
starter
Guru
menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan
masalah
Mengeksplorasi
1) Peserta didik memperhatikan Langkah-langkah
Perbaikan motor starter
2)
Peserta
didik dapat melakukan Langkah-langkah
Perbaikan motor starter
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam menggambar dengan baik dan benar
Mengasosiasi
1)
Peserta
didik memperhatikan demonstrasi guru dalam Langkah-langkah
Perbaikan motor starter
2)
Peserta
didik mencoba mengaplikasikan Langkah-langkah Perbaikan
motor starter
3)
Peserta
didik di bagi 5 kelompok untuk mengaplikasikan Langkah-langkah
Perbaikan motor starter
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan gambar ke Simulator sistem
starter
Mengkomunikasikan
1)
Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil Langkah-langkah perbaikan motor starter dan kesimpulan diskusi
2)
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
Guru
menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
3 JP
|
Penutup
1)
Bersama peserta didik menyimpulkan Langkah-langkah perbaikan motor starter
2)
Memberikan tugas membaca
tentang Langkah-langkah
perbaikan motor starter
3)
Melaksanakan postes
|
40 menit
|
Tabel. 1. Form Penilaian Praktek
Sistem Starter
|
Kode :
020 KK 016
|
Split :
|
|
Guru : Heri Busyaeri,
M.Pd
|
|||
Tanggal : Januari 2015
|
|||
LEMBAR PENILAIAN PRAKTEK
|
TAHAPAN PENILAIAN
|
SKOR
|
NILAI
|
A.
PERSIAPAN
1. Memakai pakaian kerja
(wearpak)
2. Pemilihan alat dan bahan yang
benar
B.
LANGKAH-LANGKAH PEKERJAAN
1. Mengecek arus pada batterai
2. Membongkar Motor Starter
3. Memasang Motor Starter
C.
KUALITAS
KERJA
1. Perbaikan Motor Starter
2. Merangkai Motor Starter tanpa
menimbulkan kerusakan
D.
HASIL
AKHIR
1. Merapihkan hasil pekerjaan
2. Menempatkan alat dan bahan dengan
benar
|
5
5
10
10
10
30
20
5
5
|
|
JUMLAH SKOR
|
100
|
Lembar Penilaian Praktek sesuai dengan split nya, jika slpit 1, maka rangkaian kelistrikan pertama yaitu: lampu Kota. Jika langkah-langkah pekerjaan tidak dilakukan maka skornya 0 (nol).
Mengetahui, Tangerang, Juni 2017
Kepala SMK N 2 Kota Tangerang Guru Mata Pelajaran
Drs. Dedi Kurniadi, M.Pd Heri Busyaeri, M.Pd
NIP. 195660106.198203.1.007 NIP.19750503.200604.01.016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar